Yuk, bergabung dengan Program Konsentrasi Linguistics!

Apakah itu Linguistics?

Linguistics adalah salah satu program konsentrasi yang ada di bawah Program Studi Sastra Inggris. Linguistics (baca: linguistiks) merupakan ilmu tentang bahasa. Ilmu ini sangat dekat dengan kita karena salah satu kebutuhan mendasar manusia adalah berkomunikasi melalui bahasa. Dengan mempelajari Linguistics, kita semua bisa memahami bagaimana manusia menggunakan aturan berbahasa, bagaimana budaya mempengaruhi cara kita berbicara, bagaimana anak belajar bahasa sejak dini, mengapa sering terjadi miskomunikasi, dan banyak lagi fenomena bahasa yang menarik bisa kita pelajari dan pahami.

Apa yang dipelajari?

Pada Program Konsentrasi Linguistics ini, mahasiswa/i belajar:

  • Bahasa Inggris
  • Alih bahasa (Translation)
  • Pengajaran Bahasa Inggris sebagai
    bahasa asing.
  • Menganalisa dan mengkaji isu-isu yang terkait kebahasaan di sekitar kita, seperti fenomena emoji, emotikon, dialek, bahasa yang digunakan dalam media (termasuk media sosial), dan slang.
graphic 6-01

Hasil apa yang diharapkan?

Lulusan Program Konsentrasi Linguistics yang:

  • cakap berbahasa Inggris dengan baik yang diperoleh melalui mata kuliah ketrampilan berbahasa (misalnya Reading, Writing, Speaking, Listening, Grammar, Translation, dan Interpretation)
  • mampu memberikan pengajaran Bahasa Inggris.
  • mampu menganalisa fenomena kebahasaan.

Mengapa kita perlu belajar Linguistics?

  1. Berkomunikasi adalah salah satu kebutuhan mendasar manusia. Bahasa selalu berkembang dan karena itu ilmu bahasa adalah ilmu yang akan selalu relevan dengan kehidupan kita.
  1. Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional, karena itu kemampuan berbahasa Inggris dengan baik sesuai dengan situasi, tempat, dan orang yang diajak berkomunikasi, sangatlah diperlukan.

Profil Lulusan Program Konsentrasi Linguistics

Fasilitas

Kegiatan Mahasiswa

Pencapaian

Karya Mahasiswa

Mendeley

 https://lib.unika.ac.id/

 

Manual Sitasi OWL Purdue

https://owl.purdue.edu/owl/

 

Manual Sitasi APA Style 

https://apastyle.apa.org/