Yuk, bergabung dengan Program Literature!

Apakah itu Literature?

Kesusastraan adalah ilmu atau pengetahuan tentang segala hal yang bertalian dengan susastra (https://kbbi.lektur.id/kesusastraan). Susastra adalah karya sastra yang isi dan bentuknya sangat bermakna, berupa ungkapan pengalaman jiwa manusia yang ditimba dari kehidupan, kemudian direka dan disusun dengan bahasa yang penuh arti sebagai sarana sehingga mencapai syarat estetika yang tinggi (https://kbbi.web.id/susastra). Contoh karya susastra yang dipelajari dan dianalisa oleh mahasiswa yang masuk ke Program Konsentrasi Literature adalah novel, cerita pendek, drama, puisi, film, syair lagu, dll.

Apa yang dipelajari?

Pada Program Konsentrasi Literature ini, mahasiswa/i belajar:

  • Bahasa Inggris
  • Teknik penulisan cerita pendek, naskah drama, dan puisi secara konvensional maupun digital
  • Menganalisa dan mengkaji short stories, dramas, poems, films, fenomena budaya pop, dll.
graphic 6-01

Hasil apa yang diharapkan?

Lulusan Program Konsentrasi Literature yang:

  • cakap berbahasa Inggris dengan baik yang diperoleh melalui mata kuliah ketrampilan berbahasa (misalnya Reading, Writing, Speaking, Listening, Grammar, Translation, dan Interpretation),
  • mampu menghasilkan karya sastra (puisi, prosa dan drama) dengan baik,
  • mampu secara kritis menganalisa karya-karya sastra dan fenomena budaya.

Mengapa kita perlu belajar Literature?

  1. Mempelajari sastra atau menghasilkan karya sastra seperti prosa, puisi, ataupun drama mengasah kemampuan kita mengenal dan memperkenalkan pengalaman keseharian manusia: harapan, perjuangan, dan bahkan kegalauan. Pada intinya, belajar sastra adalah tindakan mengenal diri sendiri dan orang lain.
  1. Sastra adalah satu cara berkomunikasi yang imaginatif dan kreatif. Belajar sastra memampukan kita berinteraksi dan menyampaikan pesan dengan efektif dan segar, baik lewat bentuk komunikasi verbal: lisan dan tulisan maupun bentuk komunikasi nonverbal: ekspresi wajah dan gerakan tubuh.

Profil Lulusan Program Konsentrasi Literature

Fasilitas

Kegiatan Mahasiswa

Pencapaian

Karya Mahasiswa

Berita